Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan di Gor WR Supratman : Branding Purworejo Kota Pejuang

Dihadiri Ganjar Pranowo, Berbagai Pertunjukkan Menarik Disajikan 

Sarasehan kebangsaan di Gor WR Supratman, tampak Atmaji bersama Dion Agasi dan Wabup Yuli Hastuti (foto mustaqim)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID- Pesan-pesan kebangsaan dan kepahlawanan, menggelora dalam sarasehan kebangsaan, memperingati Hari Pahlawan tahun 2019 di Gor WR Soepratman Purworejo, Minggu (10/11/2019) pagi. 

Acara yang dimotori paguyuban alumni SMA Negeri 1 Purworejo atau Paguyuban Muda Ganesha (MG) tersebut, sekaligus memperkuat branding Purworejo sebagai 'Kota Pejuang'. 

Sarasehan berlangsung meriah, dihadiri ribuan tamu undangan dari berbagai unsur, mulai dari pejabat pemerintahan, BUMN/BUMD, tokoh-tokoh masyarakat, perwakilan MG lintas angkatan hingga komunitas-komunitas. 


Gubernur Ganjar Pranowo yang hadir dalam acara mendapat apresiasi (foto mustaqim)
Di tengah semaraknya acara, muncul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyempatkan hadir usai memimpin upacara Hari Pahlawan tingkat Jawa Tengah di Desa Wareng Kecamatan Butuh-Purworejo. 

Tampak pula Kasubdit Program Evaluasi dan Dokumentasi Direktorat Kesenian Kemendikbud RI, Kuat Prihatin, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi SIKom, jajaran forkopimda, sejumlah petinggi partai dan kepala-kepala OPD di Kabupaten Purworejo. 

Sejak pagi hingga siang, pertunjukan tersaji sambung menyambung. Seratusan seniman lintas generasi yang tergabung dalam Sanggar Tari Prigel, tampil memukau lewat pagelaran kolosal berjudul 'Napas Juang'. 

Gelora kepahlawan juga diangkat melalui lagu-lagu oleh Paduan Suara SMAN 1 Purworejo dan sejumlah sekolah lainnya. Adapula tausiah kebangsaan yang disampaikan Yudi Latif PhD. 

Ketua Umum MG Dwi Wahyu Atmaji dengan riwayat singkatnya (foto mustaqim)
Sementara penyanyi senior papan atas, Dewi Yull, yang sengaja diundang khusus, tampil menghibur di acara  pemuncak. Sekretaris Menpan-RB yang juga Ketua Umum MG Dwi Wahyu Atmaji mengungkapkan, sarasehan kebangsaan kali ini menjadi tindak lanjut deklarasi Purworejo Kota Pejuang yang dilakukan saat Napak Tilas Perjuangan Tentara Pelajar pada 11 November 2018 lalu. 

Harapannya, branding Purworejo Kota Pejuang dapat terus menggelora dan menjadi motivasi masyarakat untuk meneladani semangat para pahlawanan dalam berjuang membangun bangsa ini. 

“Ini menjadi bagian untuk memotivasi pembangunan di Kabupaten Purworejo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” ungkap Atmaji-akrab Dwi Wahyu Atmaji disapa. 

Selain apresiasi khusus kepada Gubernur Jateng yang bersedia hadir, Atmaji juga menyampaikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang memberikan dukungan, antara lain Kemendikbud, Kemenpar dan beberapa BUMN. 

“Apresiasi yang tinggi untuk adik-adik dan teman-teman pelaku seni yang dalam sarasehan ini menunjukkan semangat luar biasa,” kata Atmaji yang mendaftar calon Bupati Purworejo lewat PDI Perjuangan. 

Sementara Ganjar Pranowo menegaskan, Purworejo layak menjadi Kota Pejuang mengingat banyaknya pahlawan nasional kelahiran Purworejo, seperti sang komponis besar pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, WR Soepratman. 

Hal itu harus menjadi motivasi, khususnya generasi muda, untuk membangun Kabupaten Purworejo. “Purworejo akan mendapatkan manfaat pertama dari adanya  Yogyakarta International Airport (YIA) karena menjadi daerah penyangga. Diharapkan semua diaspora bisa membantu, pemuda harus bisa mengangkat potensi,” pesan Gubernur. 

Ganjar juga memberikan apresiasi atas kreativitas peringatan Hari Pahlawan yang digelar. Salah satu yang menjadi pusat perhatiannya yakni penampilan sosok penyanyi cilik dengan suara merdunya. Ganjar pun memberikan hadiah sepeda. kepasa si penyanyi cilik tersebut. 

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian dalam sambutan yang dibacakan Wabup Yuli Hastuti mengungkapkan, Hari Pahlawan menjadi momentum penting dan inspiratif bagi Kabupaten Purworejo. Menurut Bupati Agus Bastian, predikat Kota Pejuang layak disandang karena di kabupaten ini banyak putra daerah mendapat gelar pahlawan. 

"Hari Pahlawan bisa memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Bupatyi Agus Bastian. (gm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com