Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 10 November 2019

Mengikuti Balon Bupati Ziarah ke Makam-makam Leluhur di Purworejo (1)

Pak Dhe SR Kunjungi Tridadi-Loano, Nyekar di Makam Tumenggung Suratman Joyowinoto 


Slamet Riyanto (tengah) saat ziarah ke Makam Tumenggung Suratman Joyowinoto di Tridadi-Loano (foto sigit w/kj)
Sebagai orang Jawa, bakal calon (balon) Bupati Purworejo Slamet Riyanto, tidak lupa dengan Jawanya. Cinta budaya, nguri-uri budaya, sudah menjadi gaya khas Slamet Riyanto yang di kalangan rekan-rekannya, dipanggil dengan sebutan Pak Dhe. Darma bhakti kepada leluhur, juga ditunjukkan, dengan melakukan ziarah ke makam-makam leluhur di Purworejo. Dan itu sudah menjadi kebiasaan Pak Dhe SR-media ini menyebut mantan Kades Karangtalun-Ngombol itu. Tidak hanya saat menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada). Media ini, pada  Kamis (7/11/2019), mengikuti Pak Dhe SR, ziarah ke makam-makam leluhur. Berikut cerita sepanjang perjalanan hingga sampai tempat ziarah.  


NIAT tulus dan tinggi, terlihat dari gurat wajah Pak Dhe SR. Media ini berkesempatan satu mobil dalam perjalanan ziarah, dengan tujuan pertama : Makam Tumenggung Suratman Joyowinoto yang berlokasi di Desa Tridadi Kecamatan Loano-Purworejo. 


Pak Dhe SR menaburkan bunga saat ziarah di Desa Tridadi-Loano (foto sigit widiyanto/kj)
Berangkat dari arah Ngombol, Pak Dhe SR didampingi dua orang timnya. Berhenti di dekat Plaza Purworejo, Pak Dhe beli es cincau dan kacang rebus di penjual yang memakai gerobag. Pak Dhe SR memang suka dengan makanan-makanan tradisional Jawa, di samping itu dirinya ingin berkomunikasi dan menyapa rakyat kecil Purworejo. 

Itulah figur seorang 'bapak', yang  ingin tahu kondisi masyarakat bawah. Menuju Desa Tridadi, rombongan menyusuri jalan arah Banyuasin. Berhenti sejenak di dekat Kecamatan Banyuasin, rombongan dipandu mantan Kades Ngadirejo-Kaligesing, Nawir, yang kemudian melanjutkan perjalanan di kediaman Kades Tridadi-Loano, Asrudin. 

Kades Asrudin menyambut ramah. Pak Dhe SR mengutarakan niatnya, untuk ziarah ke Makam Tumenggung Suratman Joyowinoto. Usai ramah tamah, Pak Dhe SR dan rombongan, dipandu Asrudin dan Nawir menuju tempat ziarah. Tak mudah menuju lokasi, karena jalanan yang menanjak. Namun semua itu, dijalani Pak Dhe dengan senang hati. 

Pak Dhe SR dengan khusyuk memanjatkan doa kepada Allah SWT (foto sigit widiyanto/kj)
"Berziarah, memang sudah sering dilakukan. Kita semua tidak boleh lupa, akan jasa dan perjuangan para leluhur," ungkap Pak Dhe SR yang sebelumnya juga sudah berziarah ke makam Cokronegoro I dan II. 

Kades Asrudin memimpin doa di Makam Tumenggung Suratman Joyowinoto, tak lupa mendoakan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Purworejo. "Doa kepada Allah SWT, memohon keberkahan bagi semua. Purworejo yang guyub rukun, sejahtera dan mulyo," imbuh Pak Dhe SR. 

"Terima kasih Pak Slamet Riyanto berkunjung ke Tridadi, dan berziarah ke makam Tumenggung Suratman Joyowinoto. Pak Kelik (almarhum Kelik Sumrahadi) juga pernah ke sini," urai Kades Asrudin. 

Usai berdoa bersama, Pak Dhe SR menaburkan bunga ke Makam Tumenggung Suratman Joyowinoto. Rombongan meninggalkan lokasi makam dan melanjutkan perjalanan berikutnya : ziarah ke Gunungwangi Kecamatan Kaligesing. Masih dipandu Asrudin dan Nawir dengan perjalanan yang lebih menantang lag. (tomo widodo/bersambung) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com