Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 30 April 2019

Lima Kekuatan "Super" Ini Mampu Mengangkat Anda dari Keterpurukan


KABARKALTIM.CO.ID – Sesungguhnya dalam diri manusia sudah ada kekuatan-kekuatan "super" (adidaya), namun sering tak disadari bahkan dilupakan. Kita tentu sudah sering mendengar ucapan-ucapan bijak tentang kehidupan bahwa hidup ini indah, sarat pergulatan, ibarat permainan ataupun pertandingan. Jika ia indah; nikmati. Jika ia pergulatan; gumulilah untuk mendapatkan yang diinginkan. Jika ia permainan; mainkanlah demi menyenangkan jiwa raga. Jika ia pertandingan; berjuanglah untuk meraih prestasi terbaik.
Bagaimanapun, dalam kehidupan ini ada saat-saat di mana kehidupan seseorang bisa berada di atas dan ada saat-saat juga berada di bawah. Ketika seseorang berada di titik terendah dalam hidupnya, di titik inilah sering menimbulkan masalah, biasanya orang tersebut akan merasa sangat terpuruk, kecewa, dan bahkan bisa putus asa.
Artikel ini memaparkan secara lugas, singkat, dan sederhana -- terutama bagi Anda yang sedang merasa terpuruk -- untuk menengok kembali ke dalam diri sendiri di mana sesungguhnya Anda sudah memiliki kekuatan-kekuatan "super" atau adidaya yang luar biasa dan sudah saatnya Anda perlu menggunakannya. Kekuatan-kekuatan tersebut memang kerap terlupakan, namun sesungguhnya kekuatan-kekuatan itu sangat dahsyat bila digunakan dengan baik. Mari kita simak kekuatan apa saja itu melalui paparan berikut ini.
1.    Kekuatan Syukur atau Bersyukur
Mungkin akan terasa aneh bila harus bersyukur di situasi sulit. Akan tetapi sebenarnya syukur adalah salah satu kekuatan paling penting yang harus kita gunakan. Bersyukur bukan berarti hanya kita lakukan di saat senang saja tetapi juga mesti kita lakukan di saat sedang terpuruk.
Kenapa mesti? Begini, karena kalau seseorang memperhatikan dengan tenang dan bijak maka dia akan mampu melihat bahwa masih banyak hal-hal baik dalam hidup ini meski dia sedang dalam situasi yang sulit. Di balik gelapnya malam hari pasti akan berakhir dengan merekahnya fajar pagi hari. Jadi, meratapi hidup hanya akan membuat diri lebih tenggelam dalam jurang kekecewaan dan keputusasaan sehingga bersyukur adalah kekuatan yang dahsyat bila diterapkan dalam keseharian hidup.

2. Kekuatan Doa
Meskipun seseorang mengaku beragama atau berkepercayaan sekalipun namun tak terlepas dari kelalaian ataupun terlupakan untuk berdoa; padahal sedang berada di masa-masa sulitnya. Berdoa sejatinya, menimbulkan kekuatan dan keyakinan dari dalam diri, itu akan membuat diri lebih tegar saat mengalami masalah-masalah hidup yang membebani.
Menurut beberapa penelitian ternyata berdoa dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan jasmani. Sehingga nantinya seseorang bakal lebih mampu mengatasi masalahnya dengan hati yang tenang serta dengan kepala dingin.

3. Kekuatan Harapan
Setelah seseorang sudah melewati tahap mampu bersyukur dan berdoa dalam situasi sulit maka sudah saatnya Dia menggunakan kekuatan yang satu ini. Yaitu: kekuatan harapan.
Kekuatan harapan merupakan cahaya bagi mereka yang sedang berada dalam kegelapan hidup. Dengan kekuatan berharap, seseorang akan bakal lebih optimis dan mampu melihat peluang-peluang yang dapat membantumu mengatasi semua rintangan dan beban yang yang sering menggiring ke dalam perasaan pesimis dan terpuruk.

4. Kekuatan Pikiran
Apa itu pikiran? Pikiran merupakan ide ataupun gagasan yang muncul dari proses berpikir yang dilakukan otak manusia. Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sering mendengar istilah berpikir dengan "logika/akal sehat" dan juga berpikir dengan "hati". Meskipun sama-sama berpikir, tentu ada bedanya antara kedua cara berpikir tersebut.

Cara berpikir dengan "hati" tentunya lebih kompleks, sebab ia melibatkan perasaan/emosi manusia dalam proses berpikirnya. Oke, lalu saat hidup kita sedang terpuruk sebaiknya mesti menggunakan cara berpikir yang mana? Sebagai manusia yang mempunyai akal budi dan perasaan maka sebaiknya berpikirlah dengan logika untuk menyelesaikan masalah dan gunakan perasaan untuk mengetahui bila apa yang kita lakukan sudah tepat atau tidak. Jadi, sebaiknya gunakan kedua-duanya!

5. Kekuatan Tindakan
Keempat "kekuatan" di atas tersebut tidak akan efektif mengatasi keterpurukan kalau belum menggunakan kekuatan yang kelima ini. Yaitu: Kekuatan tindakan. Kekuatan ini semacam motivasi perintah untuk bernyali, berani mengambil langkah, berani mengambil tindakan, sudah saatnya untuk "take action" atau bertindak untuk keluar dari keterpurukan. Mana mungkin bisa menyelesaikan masalah kalau berhari-hari meratapi masalah hidup tanpa berbuat apapun?
Jadi kuncinya, lakukan langkah-langkah positif sekecil apapun itu setiap hari sehingga lam-lama hidup yang kita jalani juga makin membaik. Paling penting, usahakan untuk selalu melakukan perencanaan agar ketika bertindak arah hidup juga akan semakin terarah dengan baik.
Ada peribahasa bahwa "badai pasti berlalu"; artinya setiap masalah dalam hidup pada akhirnya juga pasti berlalu. ( *)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com