Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 08 April 2018

Kembangkan Potensi Wisata di Purworejo

Dion Agasi : Wisatawan Asing Tertarik Kearifan Lokal Setempat


Dion Agasi (sigit w/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Anggota DPRD Purworejo dari fraksi PDI Perjuangan, Dion Agasi  SKom, menaruh perhatian besar untuk kemajuan bidang pariwisata di kabupaten ini. Berdikusi dengan kabarjateng.co.id baru-baru ini di ruang fraksi PDIP, Dion mengaku Kabupaten Purworejo memiliki potensi wisata yang besar. 
Salah satu daya tarik wisata yaitu di wilayah Kecamatan Kaligesing, dengan kontur perbukitan, menjadi daya tarik wisata alam, pun dengan kearifan lokalnya. "Banyak potensi wisata di wilayah Kecamatan Kaligesing. Baik dari wisata alamnya, budaya, termasuk mengenai budidaya kambing etawa. Hal ini patut terus dikembangkan, menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Purworejo," ungkap Dion. 
Dari kepedulian Dion, belum lama ini dirinya memberangkan kelompok sadar wisata (pokdarwis) di wilayah Kecamatan Kaligesing, melakukan studi banding di Yogyakarta.  Pokdwaris yang diberangkatkan Dion, bersama dengan Dinas Pemuda, Olahragan dan Pariwisata Kabupaten Purworejo. 
"Dari studi banding seperti itu, menambah wawasan bagi pokdarwis di beberapa desa di Kecamatan Kaligesing untuk mengembangkan potensi wisata. Semisal, apa maunya turis agar menarik mengunjungi objek wisata. Bagi wisatawan asing, malah lebih menyukai keaslian, adat istiadat atau kearifan lokal setempat, yang hal-hal tersebut tidak ada di negaranya," beber Dion. 
"Semisal orang desa yang mencari kayu bakar, menggendonya, kemudian memasak dengan kayu bakar. Hal-hal ringan itu, wisatawan asing menyukai. Semisal pula, bermalam di rumah kampung milik warga yang sederhana. Tentu dibalut dengan keramahan dan sopan santun, agar memberikan rasa nyaman,". 
Beberapa desa yang menjadi perhatian Dion seperti di Donorejo ada wisata Goa Seplawan, Kaligono terdapat curug, Tlogoguwo wisata hutan pinus, termasuk di Pandanrejo yaitu wisata pasar hewan Pendem. (kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com