Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 27 Desember 2017

Kenapa Kanthil? : Tanaman Langka, Tumbuh Besar dan Rimbun, Jadi Identitas Jawa Tengah


PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Aksi tanam kanthil yang digelar lintas komuitas di kawasan Geger Menjangan Desa Trirejo Kecamatan Loano, dilaksanakan Kamis (28/12/2017). Salah satu aktivis lingkungan dan sosial di Purworejo, Sumartono OPM, antusias dengan kegiatan cinta lingkungan ini.

Sumartono mengungkapkan, udara yang sejuk dan bersih pasti menyehatkan dan diidam-idamkan semua orang. Termasuk tanah yang  tidak mudah erosi ataupun longsor, karena adanya penyerapan air yang cukup, itu sangat penting di Kabupaten Purworejo yang memang mayoritas penduduknya bertempat tinggal di pegunungan.

“Oleh sebab itu di penghujung tahun 2017 ini, kami dari lintas komunitas Purworejo yaitu BG3, CPP, Polosoro, Jogo Kali Nusantara, Patco dan PWB, mengajak seluruh lapisan masarakat kususnya para kawula muda untuk tidak hanya menanam bibit pohon yang harapannya setelah 5 atau 10 tahun dipanen, akan tetapi mari kita tanam bibit atauanam pohon yang memang memiliki akar kuat serta batang yang besar nantinya,” urai Sumartono kepada kabarjateng.co.id, Kamis (28/12/2017) pagi.

“Terbilang langka yaitu bibit pohon kanthil. Kenapa kami memilih tanaman jenis kanthil ini, karena di samping nantinya tumbuh besar dan rimbun dengan harapan seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Juga sekaligus kami ingin mempertahankan tanaman yang satu ini dimana merupakan identitas Jawa Tengah,” urai dia. 
"Jenis tanamannya kanthil, lalu kenapa kami memilih tanaman kanthil, sebab di samping aroma bunganya yang wangi," katanya lagi.

Lanjut Sumartono, pada kegiatan yang murni aksi sosial penanaman bibit pohon kanthil di Geger Menjangan ini, juga mengajak berbagai komunitas yang berada di Purworejo untuk turut berpartisipasi. “Semoga apa yg kami lakukan ini bermanfaat buat masyarakat dan dapat berlanjut ke desa-desa lainnya yang berada di Kabupaten Purworejo tercinta,” tegasnya.(*/widodo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com